Pleno DPHP Pilkada Minahasa Serentak di 25 Kecamatan

Pleno DPHP Pilkada Minahasa Serentak di 25 Kecamatan

Tondano - Setelah rampung di tingkat desa dan kelurahan, Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Minahasa di tingkat kecamatan diplenokan secara terbuka dan serentak di 25 kecamatan, Kamis (8/3).
 
Rapat pleno berlangsung di masing-masing Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di 25 wilayah kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa. Pleno tersebut juga mendapat pengawasan ketat dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan disaksikan tim sukses masing-masing pasangan calon peserta Pilkada Minahasa.
 
"Pleno DPHP di tingkat kecamatan ini berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2017 tentang pemutakhiran data. Jadi sesuai tahapan dilakukan serentak di masing-masing kecamatan," kata Ketua KPU Kabupaten Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon S.Si M.Si saat dikonfirmasi, Kamis (8/3).
 
Tinangon menjelaskan, DPHP yang telah dipleonkan oleh PPK tersebut nantinya akan dijadikan acuan pihak KPU Minahasa untuk menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang nantinya akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).
 
"Untuk penetapan DPS adalah ranahnya KPU, jadi nanti setelah ditetapkan kemudian kita umumkan ke masyarakat," paparnya.
 
Terpisah, Komisioner KPU Minahasa, Kristoforus Ngantung S.Fils selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, menyebut pleno di tiap kecamatan sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku. Meski begitu, pihaknya sering mengingatkan baik PPS maupun PPK agar bekerja dengan jeli dan teliti.
 
"Memang tugas kami untuk mengingatkan mereka supaya data yang kita olah dan kerjakan bisa akurat serta bisa menjadi rujukan yang valid dalam pelaksanaan Pilkada Minahasa tahun ini," kata Ngantung. (admin)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close