KPU Minahasa Persilahkan Masyarakat Usulkan Calon Moderator Debat Paslon

KPU Minahasa Persilahkan Masyarakat Usulkan Calon Moderator Debat Paslon

Tondano - Komitmen mewujudkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa tahun 2018 yang berkualitas terus ditunjukkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa. Seperti halnya dalam pelaksanaan debat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati nanti. Pihak KPU telah membuka ruang publik bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam perekrutan moderator debat.
 
"Melalui ruang publik ini masyarakat dapat mengusulkan calon moderator yang nantinya akan memandu debat tersebut. Intinya masyarakat juga dapat berpatisipasi aktif dalam mewujudkan debat paslon yang berkualitas," ungkap Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon S.Si M.Si, Senin (5/3).
 
Adapun syarat untuk dapat menjadi moderator yaitu harus dari kalangan profesional dan akademisi serta memiliki integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon. "Selain itu yang bersangkutan tidak sebagai tim kampanye, relawan maupun pelaksana kampanye. Juga tidak termasuk dalam kepengurusan partai politik pengusung calon atau partai politik peserta Pemilu 2019," papar Tinangon.
 
Untuk pemasukan usulan nama calon moderator, pihaknya memberikan kesempatan sejak tanggal 1 Maret sampai 9 Maret 2018 di Kantor KPU Minahasa. Dimana masyarakat yang mengusulkan nama calon moderator harus menyertakan identitas pribadi (e-KTP, red) pengusul dan riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) dari calon moderator, serta surat pernyataan calon moderator.
 
"Untuk formulir surat pernyataan calon moderator sudah tersedia di Kantor KPU Minahasa, atau bisa juga di download melalui website resmi KPU Minahasa di http://www.kpu-minahasakab.go.id," jelas Tinangon.
 
Semua usulan calon moderator dari masyarakat, kata dia, nantinya akan melalui proses seleksi dari pihak KPU Minahasa. "Usulannya terserah berapa orang, tapi yang akan kita rekrut paling banyak tiga orang, sesuai frekunsi pelaksanaan debat sebanyak tiga kali," timpalnya.
 
Tinangon mengatakan, dilibatkannya masyarakat dalam perekrutan moderator ini tujuannya untuk mengoptimalkan peran serta publik dalam debat paslon nanti sehingga debat akan berlangsung dengan lebih berkualitas. “Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan bertangungjawab,” pungkasnya.
 
Adapun pelaksanaan debat publik sesuai jadwal terbaru yang dirilis KPU Minahasa akan berlangsung pada tanggal 23 Maret, 27 April dan 25 Mei 2018. Untuk tempat pelaksanaan di Hotel Mercure Tateli Beach Kecamatan Mandolang pukul 14.00 Wita. (admin)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close