KPU MINAHASA pastikan keabsahan ijazah SMA,  S1 dan S2 calon

KPU MINAHASA pastikan keabsahan ijazah SMA, S1 dan S2 calon

Manado - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Rabu (24/1) siang, mendatangi Universitas Negeri Sam Ratulangi (Samrat) Manado, dalam rangka melakukan verifikasi faktual terhadap keabsahan Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA), Strata satu (S1) dan Magister (S2) bakal calon (Balon) wakil  Bupati Minahasa periode 2018-2023, Ir. Royke Oktavianus Roring, M.Si

Tim verifikasi KPU Minahasa yang dipimpin komisioner devisi umum anggaran logistik, Dra. Wiesje Wilar, M.Si mendatangi Fakultas Teknik (Fatek) dan Pasca Sarja sekitar pukul 12.30 Wita dan diterimah oleh WD 1, Ir. Steenie E. Wallah, M.Si, Ph.D diruang kerjanya.

Dalam verifikasi tersebut, Wallah menjelaskan, keabsahan Ijasah S1 Royke Oktavianus Roring resmi terdaftar dan mempunyai nomor register di Fatek.

"Memang benar beliau alumni Fatek dan keabsahan Ijazahnya falid dan mempunyai nomor registrasi," terangnya.

Sedangkan untuk keabsahan Ijazah S2, Direktur Pasca Sarjana Unsrat melalui pejabat Sekretariat, Stenly Jacobis membenarkan Roring merupakan lulusan Magister di Universitas Sam Ratulangi Manado.

"Roring merupakan masiswa pasca sarjana unsrat yang terdaftar tahun 1996. Dan dia lulus 11 September 1999. Inti keabsahan Ijazah adalah nomornya tertulis jelas dan legalisir," pungkasnya.

Selain Unsrat, tim verifikasi juga mendatangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Manado untuk mencari keabsahan Ijazah Careig Naichel Runtu (CNR).

Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Manado, Drs. Butje Runtu diwakili kepala tata usaha Serly Onibala membenarkan, dia (CNR, red) lulusan di sekolah tersebut.

"Di data, CNR masuk tahun1995 dan lulus 1998. Jadi keabsahan Ijazahnya  memang asli. Selain ada legalisirnya, nomor Ijazahnya juga terdaftar,"  singkat Onibala.

Sementara Komisioner Wiesje Wilar yang didampingi beberapa staf KPU dan anggota Media Center mengatakan, verifikasi Ijazah bakal calon

Bupati dan wakil, untuk memastikan secara langsung keabsahan atau keaslian Ijazah dari semua Balon.

"Ini adalah salah satu tahapan yang harus dilakukan KPU, guna memastikan keabsahan Ijazah para Balon. Dan ini merupakan syarat verifikasi yang kita lakukan, Nama perguruan tinggi/Sekolah, alamat perguruan tinggi/Sekolah, NIK, Nomor Seri Ijazah dan catatan pihak perguruan tinggi," jelasnya. (admin)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close